25 Rumah di Margahayu Bandung Terbakar, Diduga Akibat Salah Seorang Warga Menyalakan Lilin

Penulis Kontributor Bandung, M. Elgana Mubarokah | Editor Gloria Setyvani Putri BANDUNG, KOMPAS.com – Sebanyak 25 rumah di Kampung Kebon Kalapa RT 03 RW 06 Desa Sukamenak, Kecamatan Margahayu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terbakar pada Senin (6/2/2023) malam.

Kepala Desa (Kades) Sukamenak Taufik mengatakan, dari catatannya rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 21 rumah, sedangkan yang rusak ringan hanya 4 rumah.

Taufik menduga penyebab kebakaran tersebut akibat salah seorang warga menyalakan lilin akibat token listrik rumahnya habis.

“Diduga berawal dari lilin yang dinyalakan salah satu warga, token nya, listriknya habis, menurut keterangan saksi,” kata Taufik ditemui Selasa (7/2/2023).

Taufik mengatakan, api mulai terlihat sekitar pukul 22.45 WIB dan baru bisa dipadamkan pada pukul 02.00 WIB. Sebanyak 9 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di kampungnya.

Sebanyak 102 jiwa dari 25 KK terdampak kejadian kebakaran ini dan beruntung tidak ada korban jiwa.

“Yang luka satu orang, yang sesak nafas 2 orang, ditangani ke rs terdekat lanud sulaiman,” ungkapnya.

Saat ini, Taufik dan jajarannya tengah melakukan pendataan rumah serta pendataan untuk proses evakuasi.

“Dari sisi evakuasi, kami malam mengevakuasi. Terus kami dirikan dapur umum, untuk yang darurat, makan pagi dan siang,” ujarnya.

Taufik mengungkapkan warga yang rumahnya termasuk kategori rusak berat, rata-rata lebih memilih tinggal di rumah saudara atau kerabatnya.

“Dari sisi evakuasi, kami malam mengevakuasi. Terus kami dirikan dapur umum, untuk yang darurat, makan pagi dan siang,” kata Taufik.

“Kebanyakan warga yang terdampak itu tinggal dengan saudaranya, Hanya ada 1-2 keluarga yang dievakuasi ke masjid. Jadi sampai subuh kita benahi, sampai mendapatkan tempat, tapi lebih memilih tinggal dengan keluarga,” tambahnya.

Pantauan Kompas.com di lokasi, rumah-rumah yang ditinggali warga merupakan rumah semi permanen. Bangunan berbahan baku bata hanya setengahnya, sisanya terbuat dari bilik anyaman bambu.

Hingga pukul 09.00 WIB warga masih sibuk membersihkan rumah-rumah miliknya. Hampir semua rumah warga ludes terbakar, terutama bagian atapnya.

Genting, bebatuan serta bongkahan kayu berserakan di jalur-jalur gang membuat akses warga untuk membersihkan rumah sedikit terkendala.

Sebagian besar membersihkan puing-puing barang yang tersisa menggunakan karung atau roda sampah.

 

credit: kompas.com – 25 Rumah di Margahayu Bandung Terbakar, Diduga Akibat Salah Seorang Warga Menyalakan Lilin Halaman all – Kompas.com

Bagaimana reaksi Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
123
Selanjutnya